Begin typing your search above and press return to search. Press Esc to cancel.

Aplikasi Perhitungan Nilai Menggunakan Java




Pengaturan Variable Name : klik kanan > change variable name
- JTextfield : (txtNis, txtNama, txtTugas, txtKuis, txtUts, txtUas, txtAngka)
- JLabel : (lblAngka)
- JButton : (btnHitung)

Tambahkan kode berikut, di bawah public class jfrmGaji extendsjavax.swing.JFrame {
  1.     float n_tugas;
  2.     float n_kuis;
  3.     float n_uts;
  4.     float n_uas;
  5.     float n_akhir;
  6.    
  7.      
  8.     public jfrmNilai() {
  9.         setTitle("Aplikasi Perhitungan Nilai");
  10.         initComponents();
  11.     }
  12.    
  13.     public void hitung_nilai(){
  14.         n_tugas=Float.valueOf(txtTugas.getText());
  15.         n_kuis=Float.valueOf(txtKuis.getText());
  16.         n_uts=Float.valueOf(txtUts.getText());
  17.         n_uas=Float.valueOf(txtUas.getText());
  18.        
  19.         n_akhir=(float)((n_tugas*0.15)+(n_kuis*0.15)+(n_uts*0.3)+(n_uas*0.4));
  20.         String nilai_akhir=String.valueOf(n_akhir);
  21.        
  22.         txtAngka.setText(nilai_akhir);
  23.        
  24.         if (n_akhir>=90){
  25.             lblAngka.setText("A");
  26.         }else if((n_akhir>=80) && (n_akhir<90)){
  27.             lblAngka.setText("B");
  28.         }else if((n_akhir>=70) && (n_akhir<80)){
  29.             lblAngka.setText("C");
  30.         }else if((n_akhir>=60) && (n_akhir<70)){
  31.             lblAngka.setText("D");
  32.         }else{
  33.             lblAngka.setText("E");
  34.         }
  35.     }

Setelah membuat fungsi diatas,
Pada tab design view > klik kanan btnHitung > Events > Action > actionPerformed.
  1.    private void btnHitungActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                         // TODO add your handling code here:
  2.         hitung_nilai();
  3.     }

Silahkan run programnya, semoga berhasil :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar